Monday 14 December 2015

[Recipe] Nugget Ayam Sayur Sehat dan Praktis


Nugget Ayam Sayur (src: dapur umami)

Sudah memasuki musim hujan nih di Surabaya... Hampir tiap hari hujan, nah klo pas lagi ujan-ujan gini enaknya bikin cemilan sehat yang disajikan hangat-hangat sambil berkumpul bersama keluarga.


Nugget Ayam Sayur bisa jadi salah satu cemilan pilihan. Selain rasanya enak, nugget juga kaya akan kandungan protein. 
Kali ini aku akan berbagi resep untuk membuat Nugget Ayam Sayur yang sehat dan praktis. Sebenarnya bukan resep buatan sendiri sih, tapi aku dapat resep ini dari Youtube dapur umami. Ternyata cara bikinnya lumayan gampang, kok... Yuk, intip cara pembuatannya! :D

Pertama, siapkan bahan-bahannya:

- 300 gr  Daging Ayam
- wortel (dipotong dadu kecil)
- daun bawang (dipotong halus)
- 2 butir telur
- 500 gr tepung panir
- Masako / Penyedap rasa (bisa juga diganti menggunakan garam dan gula secukupnya)




Cara membuatnya:
  • Giling daging ayam hingga halus, lalu sisihkan.
  • Campurkan daging ayam giling tersebut dengan wortel, daun bawang, 1 butir telur, 5 sdm tepung panir, tambahkan juga penyedap rasa atau garam-gula secukupnya. Kemudian, aduk hingga adonan tercampur rata.
  • Ambil sedikit demi sedikit adonan, buat bulatan-bulatan kecil lalu pipihkan. Adonan juga bisa dibentuk sesuai selera.
  • Kemudian, balur adonan dengan telur yang sudah dikocok lepas dan lumuri dengan tepung panir hingga seluruh permukaan adonan tertutupi tepung panir secara merata.
  • Siapkan wadah penggorengan tambahkan minyak secukupnya. Nah, menggorengnya jangan menggunakan api yang terlalu panas ya, karena permukaan tepung roti akan cepat gosong tapi adonan di bawahnya masih belum matang... sebaiknya gunakan api sedang, lalu goreng hingga kuning keemasan. Setelah nugget matang, angkat lalu tiriskan di atas kertas tissue agar sisa minyaknya terserap. 
  • Goreng adonan nugget seperlunya aja. Jika masih ada sisa adonan, nuggetnya juga bisa disimpan dalam freezer jadi masih digoreng lagi lain waktu, praktis kan..!?! :D

















Taraa..! Nugget Sayurnya udah jadi nih.. Enak disantap selagi hangat, *apalagi saat hujan-hujan dingin kaya gini* ditemani saus sambal/mayonaise dan segelas teh hangat *nyum*.. Selamat mencoba! ^-^. Secara detail resep ini bisa dilihat disini:







Share:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Arsip Blog

Videos

Recent Posts

Header Ads

Contributors

Follow Me

teaser

Nature

Photography

Labels

Recent Posts

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.